Manado, 21/8 (Antara) - Bank Indonesia dengan perbankan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan menggelar banking expo tahun 2014 di Manado Town Square (Mantos), 3-6 September 2014.

"Sulut Banking Expo 2014 juga dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulut ke-50 yang jatuh di bulan September," kata Kepala Kantor BI Perwakilan Sulut Luctor Tapiheru di Manado, Kamis.

Tahun ini, kata Luctor, Sulut Banking Expo mengambil tema perbankan mendorong Sulut Emas melalui peningkatan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menuju komunitas ekonomi ASEAN.

"Bagaimana perbankan dapat berkontribusi positif bagi perekonomian di Sulut melalui pemberdayaan UMKM sehingga dapat menghasilkan produk berkualitas ekspor," kata Luctor.

Ketua Panitia Sulut Banking Expo 2014 Hotman Nainggolan mengatakan sejalan dengan HUT provinsi Sulut ke-50 atau yang disebut Sulut Emas menjadi fondasi ekonomi yang lebih tangguh baik tingkat kesejahteraan maupun daya saing.

Selain itu, katanya, Sulut banking expo ini untuk menciptakan hubungan secara langsung antara masyarakat, pelaku UMKM dengan perbankan baik konsultasi pengembangan usaha maupun aplikasi permohonan kredit.

Juga, akan ada pelayanan berupa pembukaan rekening tabungan dan deposito sehingga dengan demikian fungsi intermediasi perbankan dapat berjalan dengan baik.

Dalam Sulut Banking Expo 2014 akan dilakukan berbagai lomba diantaranya lomba menggambar, tarian maengket, ranking 1, Zumba dance, bankers X-factor, lomba business plan, lomba putting golf, lomba modern dance, lomba band, keterampilan kasir perbankan, fotografi, fashion show dan stand terbaik.

45 bank akan ambil bagian dalam kegiatan tersebut, UMKM binaan perbankan dan dinas terkait serta pemerintah provinsi. ***2***



Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024