Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Joune J E Ganda mendukung kegiatan Lembaga Penyelenggaraan Hari Besar Islam (LPHBI) untuk memajukan umat Muslim di daerah itu.

"Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mengucapkan banyak terima kasih untuk seluruh umat Muslim yang berada di Minahasa Utara, atas partisipasi dalam pembangunan di daerah ini," kata Joune di Airmadidi, Minahasa Utara, Sabtu.

Untuk itu, katanya, umat harus selalu menghargai, menghormati satu dengan yang lain, umat yang selalu diajarkan bagaimana kebersihan itu sebagai salah satu bagian dari iman.

Bupati mengajak umat untuk menjalani, ikut mewujudkan ajaran di keluarga, masyarakat, agar terhindar dari segala macam bahaya.

"Sebagai lembaga yang dipercaya mengemban tanggung jawab untuk melaksanakan hari-hari besar agama umat Islam serta yang jauh lebih baik lagi, kita memaknai hari-hari besar Islam, untuk menanamkan rasa syukur, lebih menyayangi Nabi Muhammad SAW sebagai junjungan umat," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara berharap umat yang melaksanakan hari besar agama Islam, akan ikut bersama-sama berkolaborasi dengan apa yang direncanakan.

"Diharapkan untuk kemajuan Kabupaten Minahasa Utara khususnya dalam pengembangan Iman dan kepercayaan kepada Tuhan akan lebih mendekat lagi," kata Joune Ganda.

Menurut Bupati, agar menghasilkan umat yang lebih sayang pada agamanya dan menciptakan umat-umat yang mendukung program-program yang berguna bagi kemasyarakatan umat.

Ia berharap pengurus yang sudah dilantik untuk periode 2022 sampai 2027 ini akan tetap bersemangat.

"Pemkab Minahasa Utara akan terus membantu kepengurusan yang melibatkan banyak pihak dan Insyaallah apa yang didoakan bisa terwujud," ujarnya.

Ketua LPHBI Kabupaten Minahasa Utara Sarhan Antili menyampaikan terima kasih kepada Bupati Minahasa Utara yang telah memfasilitasi acara pelantikan LPHBI Kabupaten Minahasa Utara.

"Sebagai pengurus kami akan mengawal dan menjadi motor penggerak di hari pelaksanaan besar perayaan agama Islam di Minahasa Utara agar terlaksana dengan baik. Mudah-mudahan dalam tugas ke depan kita selalu diberikan kemudahan dan saling mendukung satu sama lain," kata Antili.

Antili menjelaskan LPHBI memiliki peran yang sangat penting untuk membantu pemerintah dalam pembangunan sektor keagamaan sebagai tempat ketika mediasi umat Islam dengan pemerintah.

"Sebagai wadah organisasi kemasyarakatan Islam, LPHBI mempunyai tugas yang cukup berat dimana harus melaksanakan tugas dan fungsi sebagai kordinator, fasilitator, dan motivator bagi organisasi lainnya dalam melayani kepentingan umat dalam pelayanan hari-hari besar keagamaan," jelasnya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024