Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) meningkatkan sosialisasi dan edukasi program OR Code Indonesian Standard (ORIS) serta cinta bangga dan paham rupiah (CBP) kepada pelajar di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Dia awal tahun 2023 ini kami melakukan program sosialisasi dan edukasi ORIS, CBP, Perlindungan Konsumen, Kebanksentralan Goes to School di SMK/SMA Negeri 1 Ratahan, Minahasa Tenggara," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Andry Prasmuko, melalui Kepala Tim SP PUR KPw BI Sulawesi Utara Ahmadi Rahman, di Manado, Rabu.

Andry mengatakan hal ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan terkait dengan implementasi digitalisasi pembayaran di Sulawesi Utara dengan ORIS serta juga pembayaran tunai dengan cinta bangga dan paham terhadap Rupiah.

"Saya harap sebanyak 950 siswa di Ratahan yang menerima sosialisasi Kebanksentralan, QRIS, CBP Rupiah, dan Perlindungan Konsumen dapat mengedukasi teman, saudara dan masyarakat di sekitar kita," jelasnya.

Perekonomian digital saat ini berkembang dengan sangat pesat, katanya, sehingga berbagai transaksi kini dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menggunakan smartphone.

Perilaku masyarakat juga telah berubah, katanya, dan manfaat atas transaksi secara digital tersebut sudah dirasakan secara luas baik oleh pelaku usaha maupun masyarakat.

Dalam rangka mewujudkan implementasi Digitalisasi Pembayaran, Bank Indonesia bekerjasama dengan PIP (Penyedia Jasa Pembayaran) dan instansi terkait, melaksanakan program peningkatan penggunaan pembayaran nontunai OR Code Indonesian Standard (ORIS) di seluruh Indonesia untuk mencapai 45 juta pengguna ORIS dan 1 Miliar Volume ORIS di Tahun 2023.

Sebagai lembaga negara, katanya, Bank Indonesia memiliki tujuan yaitu mencapai dan menjaga kestabilan nilai Rupiah. Dengan itu, Bank Indonesia juga mengajak masyarakat Indonesia untuk turut mengikuti kampanye Cinta, Bangga, Paham Rupiah.

Cinta Rupiah ditunjukkan dengan mengenali, merawat, dan menjaga Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI.

Bangga Rupiah ditunjukkan dengan menggunakan Rupiah di setiap transaksi.

Paham Rupiah ditunjukkan dengan memahami fungsi Rupiah sebagai nilai tukar dan cara mengelolanya.

 


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024