Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengatakan inflasi di Kota Manado dan sekitarnya saat ini sangat baik dan terjaga pada angka 4 persen.

Demikian disampaikan Jokowi usai meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis.

"Inflasi sangat terjaga di atas 4 persen di Kota Manado dan sekitarnya, saya kira sangat baik," ujar Jokowi sebagaimana disaksikan secara daring dari Jakarta, Kamis.

Sebelum meresmikan bendungan, Presiden Jokowi sempat mengunjungi Pasar Airmadidi di Minahasa Utara.

Presiden mengatakan kedatangannya ke pasar untuk mengecek harga kebutuhan pokok, utamanya sembilan bahan pokok seperti beras hingga minyak.

"Biasa mengecek harga-harga, utamanya harga sembako, beras, minyak. Saya kira di Sulawesi Utara kondisinya stabil," jelasnya.

Adapun terkait peresmian bendungan, Joko Widodo menyampaikan harapannya agar bendungan Kuwil Kawangkoan bisa menghilangkan atau mengurangi banjir, utamanya di Manado, yang pernah terjadi tahun 2014.

Selain itu, bendungan juga diperlukan untuk persediaan air baku bagi Manado, Minahasa Utara dan juga Bitung, serta sebagai pembangkit listrik mikro hidro guna menghasilkan energi hijau dari waduk dan juga bisa dipakai untuk mengairi sawah.

Ke depan, kata Presiden, pada bulan Maret atau April diproyeksikan akan selesai satu lagi bendungan di Sulawesi Utara, yakni Bendungan Lolak.

"Semakin banyak bendungan semakin baik karena air tidak dibiarkan masuk ke laut tapi ditampung untuk keperluan kita semuanya," jelasnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden: Inflasi Manado sangat terjaga

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024