Manado, 6/8 (AntaraSulut) - Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Manado, Sulawesi Utara, menyiapkan pelantikan 40 anggota DPRD setempat periode 2014-2019, yang dijadwalkan pada 11 Agustus mendatang.

"Kami mengikuti ketentuan perundang-undangan dimana pada 11 Agustus nanti masa bakti legislator periode 2009-2014 selesai, maka kami mempersiapkan pelantikan bagi yang baru," kata Sekretaris DPRD Manado Denny Mandagie di Manado, Rabu.

Meskipun hingga saat ini surat keputusan tentang anggota DPRD Manado periode 2014-2019 masih dalam proses, pihaknya sudah melakukan persiapan pelantikan tersebut, mengingat waktunya tinggal beberapa hari lagi.

Ia menjelaskan sekretariat dewan setempat melakukan persiapan pelantikan bagi 40 anggota DPRD itu, soal bagaimana keputusan MK adalah hal lain.

Ia mengatakan pelantikan akan dilakukan di ruang serbaguna kantor Wali Kota Manado, sedangkan mengenai kemungkinan pemindahan lokasi dan hal lainnya belum ditetapkan.

Persiapan lainnya, katanya, seragam dan pin bagi para legislator periode 2014-2019 tersebut, yang akan dipasang saat pelantikan, 11 Agustus 2014.

"Mengenai anggaran untuk pelantikan para legislator periode yang baru tersebut sudah dimasukan dalam APBD 2014, tinggal direalisasikan saja," katanya.

Ia mengatakan sesuai dengan ketentuan, yang akan melantik anggota DPRD Kota Manado adalah Ketua Pengadilan Negeri Manado, sedangkan SK menunggu dari Gubernur Sulawesi Utara.

"Kami berharap 40 anggota terpilih dapat dilantik bersama, sehingga bisa melaksanakan tugasnya secepatnya," katanya.

Dalam Pemilu Legislatif 9 April 2014, perolehan kursi DPRD Manado mengalami perubahan dibandingkan dengan periode 2009-2014, dimana untuk pertama kali Partai Demokrat menguasai parlemen dengan perolehan sembilan kursi, PDIP (6), Golkar (5), Gerindra (5), Hanura (4), PAN (4), PKS (2), dan sisanya terbagi ke PPP dan PKPI. 

Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024