Manado (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, rutin melakukan pembinaan umat melalui Safari Jumat di semua masjid.

"Kegiatan ini sekaligus juga untuk mendekatkan diri dengan umat," kata Kepala Kepala Kantor Kemenag Kotamobagu Jamaluddin Lamato, di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan Safari Jumat merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan insan Kementerian Agama dengan umat.

"Jika Safari Jumat berada dalam kendali Seksi Bimas Islam, maka nanti akan ada juga program Minggu Menyapa dalam kendali Seksi Bimas Kristen," katanya.

Jamaluddin Lamato mengatakan hal ini juga sebagai penguatan Moderasi Beragama dan program Kementerian Agama dalam membangun masyarakat yang taat beragama, toleran, dan harmonis.

"Hal ini tentunya agar Kementerian Agama tak hanya dikenal sebagai institusi yang melayani masyarakat di bidang agama, melainkan juga sebagai pemersatu umat beragama, bisa meneduhkan dan mengayomi umat beragama agar tetap solid dan bisa hidup berdampingan dengan aman dan tenteram," katanya.

Kasi Bimas Islam Muh Thaib Mokobombang, mengatakan kegiatan ini sudah menjadi program Bimas Islam yang dilaksanakan setiap Jumat bersinergi dengan kepala KUA, penyuluh agama PNS dan non-PNS.

"Dalam program tanpa biaya ini diharapkan keterlibatan aktif seluruh jajaran Bimas Islam Kota Kotamobagu untuk memaksimalkan dan menyukseskannya," ujar Thaib.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024