Manado (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat jaringan 4G XL Axiata di Provinsi Sulawesi Utara, termasuk di area-area wisata. 

Setiap tahun, masyarakat Sulawesi Utara memanfaatkan masa panjang libur Natal dan pergantian tahun (Nataru) dengan berwisata ke berbagai daerah di provinsi tersebut. Penguatan jaringan data ini merupakan upaya XL Axiata untuk memastikan layanan kepada pelanggan tetap maksimal di kala musim liburan panjang. 

Di Provinsi Sulawesi Utara, saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau sedikitnya 776 desa dan 97 kecamatan di 15 kabupaten/kota.
 
Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, mengatakan, ”Pada dasarnya, penguatan jaringan yang XL Axiata lakukan tidak hanya sekadar untuk antisipasi lonjakan trafik saat libur panjang Natal dan Tahun Baru, namun kami memang secara terus menerus akan memperkuat jaringan ke semua area layanan di Sulawesi Utara seiring dengan peningkatan trafik telekomunikasi dan data. 

Penguatan jaringan yang dilakukan berupa peningkatan kapasitas dan fiberisasi. Untuk penguatan jaringan di area-area wisata di Sulawesi Utara juga sebagai upaya untuk mendukung kelancaran program Bangga Berwisata diIndonesiaAja (BBWI) yang sedang digalakkan oleh pemerintah”
 
Di Provinsi Sulawesi Utara, saat ini infrastruktur jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 1.100 BTS, termasuk 660 BTS 4G. Untuk mengantisipasi kenaikan trafik selama libur panjang Nataru, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat lebih besar dari hari normal. 

Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan tidak kurang dari 2 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Kawasan Megamas Manado. XL Axiata juga menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS. 

Untuk itu, tim kami di lapangan akan standby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata - Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta
 
Menurut Dodik, XL Axiata memprediksi kenaikan trafik data selama Nataru di Sulawesi Utara akan mencapai sekitar 2-3x lipat dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa. Pelanggan akan banyak menggunakan beragam layanan data, terutama media sosial guna berbagi konten. Pelanggan juga diprediksi akan lebih banyak mengakses layanan streaming baik video, musik, maupun gim, yang memerlukan kapasitas besar.
 
Dari sisi lokasi, kenaikan trafik tertinggi diprediksi akan berasal dari Kota Manado. Selain merupakan kota terbesar, kota ini juga memiliki pelanggan terbanyak di Sulawesi Utara, yaitu sekitar 61 ribu. Layanan di Manado ditopang oleh lebih dari 120 BTS 4G. Area selanjutnya dengan trafik tertinggi selama ini ada di Minahasa dan Bitung. 
 
XL Axiata juga memberikan perhatian di area wisata populer di Sulawesi Utara, yang biasanya ramai dikunjungi masyarakat. Beberapa di antaranya adalah Kawasan Megamas, Pantai Malalayang, Monumen Yesus Memberkati, dan Taman Laut Nasional Bunaken. Selain itu, penguatan jaringan juga dilakukan di pusat keramaian di perkotaan, jalan tol Manado - Bitung, pelabuhan antarpulau, serta bandara udara. 


 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024