Manado, 25/7 (AntaraSulut) - Kepolisian melakukan pemeriksaan atau tes kadar alkohol kepada para pengemudi angkutan umum di Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, guna menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Pemeriksaan tersebut dilakukan petugas Kedokteran Kesehatan Polda Sulut di depan Pos Pengamanan Idul Fitri di pusat Kota Kotamobagu, dengan disaksikan Kapolda Sulut Brigjen Pol Jimmy Palmer Sinaga, Jumat.

Hal itu dilakukan dengan menggunakan alat deteksi alkohol, menyasar sejumlah pengemudi yang melewati depan Pos Pengamanan tersebut.

Kapolda Sulut Jimmy Palmer Sinaga mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui apakah ada sopir yang mengosumsi minuman keras (miras) beralkohol atau tidak.

"Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan semuanya tidak mengomsumsi miras beralkohol, sehingga diperkenankan melanjutkan perjalanan," katanya.

Dia mengatakan, dengan tidak adanya pengemudi yang mengomsumsi miras tersebut, tentunya sangat baik.

"Ini juga menunjukkan operasi Polres Bolaang Mongondow terhadap miras di daerah ini berjalan baik," katanya.

Menurut Kapolda, tes alkohol kepada pengemudi juga dilakukan pada Kamis (24/7) di Terminal Tangkokok Kota Bitung.

"Pada pemeriksaan tersebut terdapat seorang pengemudi terdeteksi mengomsumsi miras, sehingga tidak diizinkan membawa kendaraan mengangkut penumpang," katanya.

Kapolda Sulut berada di Kotamobagu dalam suatu rangkaian pantauan arus mudik Idul Fitri 1435 H di jalur pantai utara trans Sulawesi.

Dalam pantauan itu kapolda didampingi sejumlah pejabat utama Polda Sulut masing-masing Karo Ops Kombes Pol Asdjima`in, Dirintelkam Kombes Pol Teddy Setyadi dan Dirlantas Kombes Pol Stephen Napiun, serta Kepala PT Jasa Raharja Sulut Kun Wahyu Wardana.

Pada Pantauan itu kapolda juga melihat kesiapan petugas kepolisian yang ada di sejumlah pos pengamanan dan pos pelayanan sepanjang jalur trans Sulawesi dan di Kota Kotamobagu.

Masing-masing Pos Maruasey, Tumpaan, Sakura Amurang, Radey Tenga, dan Pos Ongaku Sinonsayang di Kabupaten Minahasa Selatan serta pos pusat Kota Kotambugu, simpang tiga Paris Swalayan Kotamobngau serta Pos simpang tiga Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow.

Pada kesempatan itu juga disalurkan sejumlah sarana penaggulangan kecelakaan seperti "traffic cone", rompi, alat deteksi alkoloh kepada Polres Minahasa Selatan maupun Polres Bolaang Mongondow. ***1***


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024