Manado (ANTARA) - Angkasa Pura (AP 1) menyiapkan posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat pengguna jasa angkutan udara di jelang dan saat Natal dan Tahun Baru 2023.

"Pos Koordinasi Angkutan Udara Nataru 2022/2023 kembali dilaksanakan di Bandara Sam Ratulangi Manado, ini menjadi agenda rutin tahunan dalam rangka memonitor serta memastikan kelancaran, keamanan," kata GM AP 1 Bandara Samrat Minggus Gandeguai, di Manado, Selasa.

Minggus mengatakan serta keselamatan para pengguna jasa angkutan udara yang tiba maupun berangkat melalui Bandara Sam Ratulangi Manado, pembukaan Posko dilaksanakan di area lobby keberangkatan bandara.

Bertugas sebagai inspektur apel Pembukaan Posko Nataru, Minggus mengatakan selama periode Januari hingga November 2022 Bandara Sam Ratulangi Manado telah melayani sebanyak 1,2 juta penumpang.

Hal ini menunjukkan terjadi kenaikan penumpang sebanyak 42 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 813,796 penumpang.

“Posko Nataru akan berlangsung selama 16 hari, mulai tanggal 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Stakeholder di Bandara Sam Ratulangi atas koordinasi dan kerja sama yang telah terjalin erat selama tahun 2022," katanya.

Sehingga, katanya semua dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pengguna jasa, selamat bertugas untuk semua personil yang terlibat.

"Semoga Posko Nataru ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti hingga penutupan nantinya,” ujar Minggus.

Diperkirakan selama periode posko ini Bandara Sam Ratulangi akan melayani 616 pesawat dan 61.359 penumpang dan puncaknya di tanggal 19 Desember 2022 dengan 42 pesawat dan 4,333 penumpang.

Memang  prediksi ini masih jauh dari realisasi pesawat dan penumpang yang dilayani pada masa nataru 2019/2020 yang mana untuk pesawat masih di angka -48 persen dan penumpang -52 persen.

Selain internal PT Angkasa Pura I (Persero) terdapat personel eksternal yang akan bergabung diantaranya Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara, Kantor Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado, Airnav Indonesia, TNI-AU Manado, TNI-AL Manado, Polsek Kawasan Bandara, BMKG, KKP, Basarnas, PT Jasindo, Airlines dan Ground Handling.

Melalui Posko Nataru ini diharapkan agar arus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Sulawesi Utara khususnya yang melalui Bandara Sam Ratulangi ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024