Manado, 23/7 (AntaraSulut) - Pedagang Manado memasok ribuan ekor daging ayam guna memenuhi kebutuhan masyarakat Provinsi Gorontalo saat Idul Fitri.

Bakari Ismail salah seorang pedagang ayam potong asal di Gorontalo, Rabu mengatakan distributor ataupun penyalur ayam potong terpaksa membeli di wilayah Manado, sebab di Gorontalo ketersediaannya tidak mencukupi.

Setiap hari sekitar 500 hingga 1000 ekor ayam pedaging produksi peternak Manado dipasok ke Gorontalo.

Sudah menjadi kebiasaan setiap bulan Ramadan dan memasuki lebaran, permintaan konsumen ayam potong mengalami peningkatan, kata Jaka, pedagang lainnya.

Dia menjelaskan, permintaan mengalami peningkatan, namun stok berkurang, maka pedagang ayam potong asal Gorontalo sejak beberapa hari terakhir ini, mendatangi beberapa pasar di Manado bahkan ada yang membeli langsung ke peternak di daerah tersebut.

Selain kualitasnya baik, ayam potong yang di beli dari Manado harga per kilogramnya masih murah, katanya.

Pasaran Gorontalo dan sekitarnya harga ayam potong diperjualbelikan Rp18.000 per kg, sementara harga beli di peternak Manado hanya Rp12.000 per kg.

Dia menambahkan, sudah jadi kebiasaan jika permintaan ayam potong di Gorontalo mengalami peningkatan, maka pedagang banyak yang membeli di Manado serta Minahasa, sehingga diperkirakan selama bulan Ramadan dan lebaran akan terjadi peningkatan kebutuhan. 

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024