Sitaro (ANTARA) - Lima Kepala Desa atau Kapitalau di Kecamatan Siau Barat Selatan (Sibarsel) mendeklarasikab Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Kelima Kapitalau di Sibarsel tersebut yakni Kapitalau Batusenggo, Kapitalau Makoa, Kapitalau Laghaeng, Kapitalau Mahuneni, dan Kapitalau Talawid.

Pembacaan deklarasi dilanjutkan dengan pembukaan papan selubung Stop BABS oleh Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen.

Dikesempatan itu juga, dilakukan penyerahan bantuan oleh Pemerintah Kecamatan Sibarsel berupa Bantuan Pembangunan Jamban, Bantuan Perahu, Bantuan Langsung Tunai untuk bulan Oktober-Desember.

Selain itu bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro yang diserahkan oleh Bupati didampingi Para Asisten Sekda, Kapolsek Sibar, Bintara Tinggi Koramil Siau, Kepala Dinas Kesehatan dan Kapitalau.

Bantuan berupa Voucher BBM 35 liter pada 118 orang di Kecamatan Sibarsel secara simbolis, Bantuan Produksi Olahan Kuliner, Bantuan Tunai Lansia, Bantuan Sosial Usaha Mikro dan Kecil, Bantuan Beras Cadangan kepada Anak Stunting, Bantuan Sarana Produksi Pertanian kepada Kelompok Sehati Mahuneni.

Bahkan di moment tersebit dilakukan penyerahan Masker Anak, Dana Insentif bagi Pendeta/Hamba Tuhan serta dilaksanakan Pasar Murah di Wilayah Kecamatan Sibarsel.

Bupati pun mengingatkan kiranya bantuan dari pemerintah yang merupakan program nasional dalam meningkatkan taraf kabupaten sehat ini agar dipergunakan sebagaimana mestinya.

"Kedepannya bantuan - bantuan ini dapat dikembangkan untuk menopang pertumbuhan ekonomi serta menambah penghasilan masyarakat khususnya yang ada di Sibarsel," tukas bupati.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Safari Natal Bupati di Kecamatan Sibarsel, Kamis (15/12) tersebut dihadiri para Asisten Sekda, kepala OPD, perangkat kecamatan dan desa se-Sibarsel serta masyarakat.

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024