Manado, 21/7 (AntaraSulut) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) menargetkan Wirausaha Baru BI (WUBI) dapat masuk pasar bebas masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

Kepala Kantor BI Perwakilan Sulut Luctor Tapiheru di Manado, Senin mengatakan WUBI yang sementara difasilitasi oleh BI diharapkan bisa masuk pasar bebas tahun 2015 nanti.

"Saat ini WUBI tinggal sebanyak 20 orang dari penjaringan 150 di tahap awal. Ke-20 wirausaha ini akan difasilitasi oleh BI selama tiga tahun," kata Luctor.

"Jangan sampai kita tergilas saat MEA nanti, sehingga wirausaha baru binaan BI kami tantang agar bisa menembus pasar internasional pada 2015 mendatang," katanya.

Pada saat pemberlakuan nanti perdagangan antar negara-negara di Asia Tenggara telah terbuka lebar. Untuk itu usaha-usaha di Sulut harus mempersiapkan diri agar bisa memasarkan produknya ke negara lain.

Tentu saja, dengan kualitas dan kuantitas yang memenuhi standar internasional. "Untuk itu diharapkan dengan program WUBI ada lima produk yang mampu menembus pasar internasional," ungkapnya.

Untuk itu pihaknya saat ini terus mendorong pengusaha muda tersebut untuk memperbaiki produk serta pemasaran, agar nantinya bisa bersaing.

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024