Manado, 8/7 (AntaraSulut) - Wagub Sulut Dr Djouhari Kansil selaku Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Sulut mengatakan, pengidap HIV/AIDS di provinsi itu, khususnya kalangan remaja 15-24 tahun saat ini mencapai anggka 668 orang atau 45 persen.

Hal itu dikatakan Djouhari Kansil saat membuka sosialisasi Penyuluhan Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS pada Remaja yang digelar Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi (Dishub Kominfo) Sulut dan KPA Provinsi Sulut, di Manado, Selasa.

Menurut Kansil, tingginya angka keterlibatan remaja terhadap penyakit ini, lebih disebabkan karena sejumlah besar remaja aktif secara seksual pada usia dini, dan tidak menggunakan kondom secara teratur serta lemahnya pengawasan dari orang tua dan keluarga, sembari menyebutkan dua tahun lalu penyakit HIV/AIDS baru mencapai 800, namun saat ini naik dua kali lipat hingga menjadi 1.500 pengidap.

Untuk mengatasinya, Kansil mengajak semua stakeholder, baik pemerintah, KPA, Lembaga Agama dan LSM secara bersama-sama mengeroyok penyakit yang menjadi musuh bersama (The Commom Enemy) ini, agar bisa menurun dimasa akan datang, sebab apabila hanya pemerintah dan KPA sendiri melakukannya, tentunya tidak akan berhasil.

Kansil menyebutkan, sekarang lagi ngetren adalah traffiking terhadap anak-anak remaja atau perdagangan manusia yang sering dilakukan para germo, mereka seakan tidak pernah merasa takut dengan tindakan aparat Kepolisian terus memburu dan meringkus mereka, berikut narkoba dan minuman keras, termasuk pemerkosaan.

Karena itu lingkungan keluarga harus berperan didalamnya, sebab peran orang tua sangat besar dalam berkomunikasi dengan anak-anak serta yang utama yaitu Iman, sembari berharap, peserta sosialisasi ini kiranya akan menjadi corong kepada keluarga dan masyarakat, ujar Kansil.

Kadis Hub Kominfo Sulut, Drs Joi Oroh mengatakan, tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bahaya HIV/AIDS dan penularannya serta meningkatkan peran dan tanggungjawab masyarakat dalam mencegah penyebaran virus HIV/AIDS.

Peserta sosialisasi itu merupakan pejabat dan pegawai Dishub/Kominfo Sulut, forum masyarakat peduli HIV/AIDS Sulut dan Pemuda/Remaja Dishub Kominfo. Sementara narasumber Wakil Sekretaris KPA Sulut Drs Masy Paturusi dan dari Dinkes Sulut. 

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024