Sangihe, Sulut (ANTARA) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Abdul Rivai Mahdang mengungkapkan, keberadaan kapal Tol Laut yang melayari rute Surabaya Makasar sampai Tahuna Sangihe menjamin ketersediaan stok bahan pangan di daerah itu.

“Kehadiran Tol Laut sangat besar manfaatnya bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Sangihe karena menjamin ketersediaan bahan pangan dan kebutuhan masyarakat lainnya,” kata Rivai Mahdang di Tahuna, Sulut, Sabtu.

Menurut dia, sebagai daerah kepulauan yang ada di perbatasan dengan salah satu negara tetangga yaitu Filipina, transportasi laut menjadi salah satu alternatif untuk mengangkut kebutuhan pokok masyarakat dari luar daerah.

“Kami sangat terbantu dengan kehadiran kapal Tol Laut sehingga semua kebutuhan pokok masyarakat yang didatangkan dari luar daerah bisa diangkut oleh kapal Tol Laut,” kata dia.

Diakuinya dalam beberapa pekan ini terdapat kendala dengan rusaknya sebagian kontainer sehingga mempengaruhi jumlah muatan yang dimuat dalam.kapal Tol Laut.

Namun demikian pemerintah daerah melalui dinas Perindag memastikan kendala tersebut segera teratasi sehingga kebutuhan pangan masyarakat menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru tetap tersedia dalam jumlah yang cukup.

Jajaran dinas Perindag, kata dia, secara rutin juga melakukan pemantauan stok pangan di gudang pengusaha, khususnya yang selama ini memanfaatkan fasilitas Tol Laut.

“Selain memastikan stok pangan tetap tersedia, kami juga melakukan pemantauan harga agar tidak dinaikkan secara sepihak oleh para penjual menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru,” kata Rivai.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024