Sangihe, Sulut (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, mencatat lima warga di daerah itu sampai saat ini masih terpapar COVID-19 setelah bertambah satu kasus.

"Saat ini masih ada lima orang warga yang terdeteksi positif COVID-19 dan menjalani isolasi," kata Kadis Kesehatan Sangihe, Handry Pasandaran di Tahuna, Jumat.

Menurut dia, kasus positif COVID-19 merupakan warga yang ada di empat kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kasus positif COVID-19 di Sangihe tersebar di Kecamatan Tahuna (2), Tahuna Timur (1), Kendahe (1) dan Manganitu (1).

Secara keseluruhan terdapat 1.924 kasus COVID-19 sejak tahun 2020. Pasien yang sudah sembuh sebanyak 1.871 dan yang meninggal dunia 48 orang sedangkan yang masih menjalani perawatan atau isolasi ada lima orang.

"Kami mengimbau warga masyarakat agar tidak mengabaikan dalam menerapkan protokol serta pelaksanaan vaksinasi sebab COVID-19 masih ada," kata dia.

Sekretaris Satgas penanganan COVID-19 Kabupaten Sangihe, Wandu Labesi mengatakan bertambahnya kasus menandakan bahwa COVID-19 masih ada dan masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kesadaran setiap masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan bertujuan menjaga diri dan keluarga serta sesama agar tidak terjangkit COVID-19 dan penyakit lainnya.

"Selain memperketat penerapan protokol kesehatan, masyarakat juga diimbau untuk melaksanakan vaksinasi dosis dua dan tiga guna meningkatkan kekebalan tubuh," kata dia.

Dia mengakui kesadaran masyarakat untuk divaksin saat ini sudah sangat menurut namun demi memberikan kekebalan terhadap COVID-19, maka diimbau masyarakat untuk memberi diri divaksin sampai dosis tiga, tambah dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024