Manado (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren tingkat Nasional (Pospenas) guna meningkatkan kualitas para santri di daerah tersebut.

"Pospenas IX Tahun 2022 diadakan di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah yang rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo," kata Kepala Kanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe melalui Kabid Pendis Kanwil Kemenag Sulut Ahmad Sholeh, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan Kegiatan Pospenas tahun 2022 ini dihadiri ribuan atlet dari pondok pesantren (ponpes) yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

"Pospenas ini merupakan kegiatan tiga tahunan yang diadakan Kementerian Agama, Kemenko PMK, Kementerian Olahraga, Kemendagri, dan Kemenparekraf untuk para santri," jelasnya.

Dia menjelaskan tujuan diselenggarakan Pospenas ini, selain untuk mengolah pikir para santri juga untuk kegiatan olahraga serta ajang silaturahmi antara santri pondok pesantren di seluruh Indonesia.

Ada sebanyak 2.867 atlet (santri) di 34 provinsi dari Aceh sampai Papua Barat yang mengikuti Pospenas 2022.

Ribuan santri ini, akan mengikuti10 cabang olahraga  yang dipertandingkan dalam Pospenas 2022, di antaranya ada sepak bola, tenis meja, tolak peluru, atletik, senam santri putri, pidato bahasa Inggris, pencak silat dan senam SKJ putra dan lain-lain.

"Pospenas sebagai ajang silaturahim santri nusantara, juga untuk meningkatkan kompetensi di bidang olahraga dan seni," jelasnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan putra-putri santri yang terbaik. Namun bisa membawa nama bangsa ke ajang turnamen lainnya hingga internasional.

Kontingen Sulut dipimpin langsung oleh Kabid Pendis Kanwil Kemenag Sulut Ahmad Sholeh dan Ketua FUAPP Muyassir Arif, di jemput langsung oleh Kakankemenag Kabupaten Brebes yang diwakili oleh Kasi PD Pontren Akram Jangka Dausat bersama Tim sebagai LO Provinsi Sulawesi Utara.

Seluruh ofisial dan peserta dalam keadaan sehat, termasuk juga Santri dan Pendamping dari Ponpes Miftahul Khoir Tebuireng VII Buyat sebagai utusan Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Ahmad Sholeh berterima kasih kepada Kakankemenag Brebes yang sudah menyambut kontingen Sulut dengan istimewa.

"Atas nama Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara, kami ucapkan banyak terimakasih kepada Kakankemenag Brebes yang diwakili Kasi PD Pontren, atas penjemputan yang sangat luar biasa," ucap Ahmad.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024