Manado (ANTARA) - Sebanyak 41 mahasiswa Institut Teknologi Minaesa (ITM) Tomohon, jurusan teknik informatika melakukan studi lapangan ke Kantor Berita Antara Biro Sulawesi Utara, di Manado.

"Kunjungan ke LKBN Antara ini akan menjadi tonggak sejarah kehidupan rekan-rekan mahasiswa di masa depan. Saya yakin teman teman memerlukan informasi mengenai teknologi informasi yang digunakan LKBN Antara," kata General Manager Teknologi Informasi Perum LKBN Antara, Darwito saat memberikan materi kepada mahasiswa melalui daring di Manado, Selasa.

Darwito menantang mahasiswa semester III dan V jurusan teknologi informasi menguasai teknologi blockchain yang sudah lazim digunakan saat ini.

"Kembangkan penguasaan teknologi blockchain melalui membaca untuk menambah wawasan, harus siap ketika selesai studi nanti dari perguruan tinggi," ajaknya.

Kantor Berita Antara menurut dia memiliki sistem terintegrasi yang dinamakan Antara Virtual Office System (AVOS) dan akan ditautkan dengan sistem blockchain untuk foto dan video.

"Karena itu mari manfaatkan waktu ekplorasi literasi, kemampuan programming harus mulai dikembangkan apapun itu, sementara teman di infrastruktur jaringan kenali mekanisme interkoneksi yang sementara dibangun yaitu blockchain. Peran-peran tersebut sangat dicari di dunia industri seperti Antara dan media lainnya," ajak Darwito.

Kepala Program Studi Teknik Elektro ITM, Denny Mawuntu mengatakan, kunjungan terapan aplikasi serta studi lapangan tersebut untuk mengenal lebih jauh aplikasi sistem teknologi informasi di Perum LKBN Antara.

"Ini nantinya akan menjadi bekal bagi adik-adik mahasiswa ketika akan memasuki dunia usaha," katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Sulawesi Utara, Perum LKBN Antara, Guido Merung mengatakan kehadiran sistem teknologi informasi yang terintegrasi, AVOS, memberikan kemudahan dalam manajemen perusahaan.

"Mulai dari manajemen keredaksian, sumber daya manusia, perusahaan dan keuangan bisa terintegrasi dalam satu sistem teknologi informasi yang disebut AVOS," katanya menambahkan.

Selain Kaprodi Denny Mawuntu, kunjungan mahasiswa semester III dan V tersebut juga didampingi beberapa dosen seperti Royke Aru Koraag ST MSi, Florinda RM Langitan, ST, MT dan Ir Nicolas D Undap MSi.


 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024