Tomohon (ANTARA) - Kementerian Sosial membantu pengembangan kewirausahaan serta alat bantu bagi penyandang disabilitas di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

"Para penerima ini tentu sudah melalui asesment dari sekian banyak calon penerima yang diusulkan Pemerintah Kota Tomohon," sebut Kepala Sentra Tumou Tou Suluttenggo Kemensos, Dra Kamsiaty Rotty MPd di Tomohon, Selasa.

Menurut dia, bantuan ini adalah prakarsa dari Pemerintah Kota Tomohon melalui sentra Tumou Tou, dan kalaupun masih ada permintaan bantuan seperti ini, tetap menunggu proposal ataupun permohonan selanjutnya.

"Artinya Pemkot dipersilahkan untuk menyurati kembali kepada Kemensos melalui Sentra Tumou Tou untuk mendapatkan bantuan selanjutnya," ujarnya.

Wali Kota Tomohon Caroll JA Senduk mengatakan, pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada Kementerian Sosial melalui Sentra Tumou Tou yang memberikan perhatian melalui bantuan ini.

"Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penerima sehingga ke depannya dapat membantu para penyandang disabilitas yang ada di Kota Tomohon," ujarnya.

Pemerintah Kota Tomohon terus memberi perhatian bagi penyandang disabilitas dengan tidak membeda-bedakan, dibuat proposal kemudian telah disalurkan kepada para penerima manfaat.

Selanjutnya, Kadis Sosial Daerah Kota Tomohon Thomly Lasut menjelaskan jumlah penyandang disabilitas penerima bantuan saat ini yaitu 13 orang menerima kursi roda dengan tipe '3 in 1' dan kursi roda standard.

Sementara sebanyak 22 orang menerima bantuan bentuk kewirausahaan seperti peralatan untuk usaha warung makan, peralatan tukang kayu, ayam dan pakan ternak, isi warung sembako, usaha jual pulsa, bahan produksi usaha hollowbrik, dan peralatan untuk toko onderdil.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024