Minahasa Tenggara (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, melaksanakan kampanye gerakan membaca bagi para siswa di sekolah melalui program peningkatan literasi dan numerasi.
"Ini merupakan program yang kami laksanakan di sekolah, untuk meningkatkan minat baca dari para siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Tenggara Sarah Kindangen di Ratahan, Kamis.
Ia menjelaskan, peningkatan literasi ini para siswa wajib untuk membaca selama 15 menit atau setiap hari satu halaman buku. 
"Literasi dan numerasi adalah sesuatu yang penting agar anak dapat mengakses program pendidikan yang lebih luas karena dua kemampuan tersebut digunakan dalam banyak aspek kehidupan," jelasnya. 
Selain itu, pihaknya juga membuat gebrakan dalam peningkatan kemampuan numerasi melalui lagu perkalian dengan judul lagu'Hebat Perkalian'.
Lebih lanjut kata Sarah, pelaksanaan program tersebut menjadi upaya dari pihak Dinas Pendidikan daerah untuk membangkitkan minat baca siswa sekolah mulai dari tingkat SD, SMP.
"Peran guru akan kami maksimalkan untuk menyukseskan program ini di seluruh sekolah. Makanya perlu perhatian serius," katanya.
Ia juga berharap dengan penguatan literasi dan numerasi, pengetahuan anak-anak sekolah di Minahasa Tenggara dapat lebih dikembangkan untuk mengimbangi kemajuan teknologi.***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024