Manado,  (ANTARA Sulut) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado, Sulawesi Utara melakukan kunjungan kerja di Bogor dan Depok pada akhir Juni.

"Yang berangkat itu adalah Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Banmus) ke Bogor dan Depok," kata Sekretaris DPRD Manado Denny Mandagie di Manado, Kamis.

Denny mengatakan, para anggota DPRD tersebut sudah berangkat sejak Rabu(25/6) sore dan akan diterima oleh Pemerintah dan DPRD tujuan pada Kamis siang di Bogor dan Depok.

Ia menjelaskan, Banggar melakukan kunjungan kerja ke Depok, untuk bertukar informasi dan pengalaman dengan pemerintah maupun legislator setempat dan apa yang bisa diadopsi untuk kemajuan pemerintahan di Manado.

"Sekarang kan mendekati pembahasan perubahan anggaran maupun usulan untuk APBD 2014, sehingga DPRD maupun pemerintah perlu masukan untuk menyelesaikan tugasnya nanti," kata Denny.

Sedangkan untuk Banmus juga bertukar informasi tentang tugas untuk memusyawarahkan segala urusan di DPRD termasuk menetapkan jadwal untuk agenda-agenda DPRD Manado.

"Para anggota DPRD tersebut akan melakukan kunjungan kerja selama tiga hari terhitung setelah tiba di tujuan dan melakukan pertemuan dengan pemerintah maupun legislator setempat," katanya.

Ia mengatakan, untuk kunjungan kerja ke dua daerah tersebut yang berangkat adalah sebanyak 20 orang dan masing-masing mendapatkan dana Rp1,5 perorang dikali tiga hari perjalanan ditambah dengan biaya hotel, transportasi dan tiket pesawat pulang pergi.

Ia menegaskan, jika mereka mengikuti semua kegiatan di lokasi yang ditentukan, maka semua biaya yang dikeluarkan akan diganti sesuai dengan jumlahnya, sebaliknya jika tak melakukannya maka tak akan dibayarkan meskipun sudah berangkat, karena biayanya baru akan dibayar setelah melakukan kegiatan.

"Semua perjalanan dinas yang dilakukan harus dipertanggungjawabkan, jika memang tak ada melakukan pertemuan dan dialog dengan yang dituju maka tidak ada penggantian biaya," katanya. 

Pewarta : Joice Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024