Minahasa (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengucurkan anggaran sebesar Rp605 juta untuk membantu warga terdampak banjir di Kelurahan Papakelan, Kabupaten Minahasa.

"Ini adalah bagian dari upaya pemerintah provinsi mengurangi beban warga yang terdampak banjir di daerah tersebut," ujar Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Minahasa, Selasa

Gubernur Olly bersama pemerintah kabupaten dan jajaran terkait sebelumnya mengunjungi lokasi pengungsian warga yang terdampak banjir.

Di situ, Gubernur memberikan bantuan secara simbolis uang sejumlah Rp10 juta bagi tujuh kepala keluarga yang memiliki rumah rusak berat, Rp5 juta untuk 16 rumah rusak sedang, dan 2,5 juta rupiah bagi 182 rumah rusak ringan.

Total sebanyak 205 rumah warga yang terdampak banjir dan menyebabkan warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Setelah bantuan tunai, Gubernur Sulut ke-12 itu didampingi tim BPBD juga memberikan bantuan peralatan kebutuhan hidup sehari-hari berupa matras, selimut, mie instan, biskuit kaleng, sabun mandi dan peralatan lainnya.

Selain mengunjungi tempat pengungsian, Gubernur juga menyempatkan waktu meninjau langsung sejumlah titik yang diterjang banjir bandang pada Sabtu pekan lalu sekitar pukul 15.00 Wita.

Banjir bandang merendam ratusan rumah bahkan tiga rumah hanyut terbawa arus, beruntung peristiwa tersebut tidak memakan korban jiwa.

“Hari ini saya meninjau langsung dan memberikan bantuan kepada para keluarga yang terdampak banjir bandang di Kelurahan Papakelan, Kecamatan Tondano Timur, Kabupaten Minahasa, pada Sabtu. Tuhan menolong kita semua,” kata Gubernur.



 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024