Manado (ANTARA) - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara mengalokasikan anggaran sebesar Rp 37 miliar untuk membangun Manado Outer Ring Road (MORR) tahap tiga.

"Tahap satu sepanjang 1,5 kilometer sudah kami selesaikan, kemudian dilanjutkan dengan tahap dua juga sepanjang 1,5 kilometer," kata Kepala BPJN Sulut, Hendro Satrio MK di Manado, Minggu.

Pembangunan jalan lingkar luar Manado tahap dua ini masih sementara berlanjut dan diperkirakan selesai dalam waktu dekat ini.

"Kami terus memacu pekerjaan di tahap dua ini, setelah itu akan dilanjutkan dengan pembangunan tahap ketiga," katanya.

Di tahap dua ini, kata lanjut dia, panjang bentangan jalan yang akan dibangun yaitu sepanjang 1,9 kilometer dengan anggaran sebesar Rp37 miliar.

"Anggarannya sudah tersedia dalam DIPA, akan ditenderkan," ujarnya.

Lahan yang akan dilintasi bentangan jalan ini, sebut Hendro semuanya sudah dibebaskan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Provinsi Sulut.

"Sudah tuntas pembebasan lahannya, jadi ke depannya tinggal pembangunan jalannya," ujarnya.

Hendro mengatakan, ketika jalan lingkar luar Manado ini telah selesai dibangun, akan mengurai kemacetan yang biasanya terjadi di Kota Manado.

Kendaraan yang berasal dari luar Kota Manado yang hendak menuju ke Bandara Sam Ratulangi atau membawa logistik menuju daerah sekitar Manado, tak lagi masuk ruas kalau perkotaan, tapi bisa langsung mengambil jalan alternatif ini.

"Total panjang jalan lingkar luar Manado ini 11 kilometer, yang sudah kita bangun sepanjang tiga kilometer," ujarnya.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024