Sangihe, Sulut (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara menggelar bakti sosial berupa pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022 di daerah itu yang dipusatkan di Kampung Laine, Kecamatan Manganitu Selatan.

"Pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis dilakukan menjelang peringatan HKN ke-58 tanggal 12 November 2022," kata Kadis Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe Handry Pasandaran di Tahuna, Rabu.

Dia mengatakan kegiatan itu, berupa pemeriksaan penyakit kronis oleh dokter spesialis, pemeriksaan laboratorium sederhana untuk deteksi penyakit kronis, DM, hipertensi, hiperkolesterol, dan asam urat.

“Ada juga deteksi kanker leher rahim melalui tes IVA, operasi bedah minor, pemeriksaan kesehatan mata dan pemberian kacamata secara gratis serta kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi semua masyarakat," kata dia.

Warga terlihat antusias melakukan pemeriksaan, tercatat 128 pasien dilayani oleh dokter spesialis penyakit dalam, 30 orang dilayani oleh dokter spesialis mata, deteksi dini kanker leher rahim dengan metode tes IVA empat orang, termasuk pelayanan kesehatan gigi satu orang, operasi bedah monitor oleh spesialis bedah empat 4 kasus dan pelayanan vaksinasi COVID-19 kepada 32 orang.

Dinas Kesehatan Sangihe juga akan menggelar kegiatan lainnya hingga puncak HKN, seperti lomba olahraga dan kesenian yang diselenggarakan antarfasilitas pelayanan kesehatan.

Dia berharap, kegiatan ini menjadi momentum berharga guna menciptakan masyarakat setempat yang sehat.

“Kami tetap berupaya untuk mencapai target vaksinasi COVID-19, menurunkan angka stunting, mewujudkan hidup masyarakat yang sehat di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024