Manado,13/6 (Antara Sulut) - Letkol Kav Dino Martino menjabat Komandan Kodim (Dandim) 1309 Manado, menggantikan Letkol Inf Indarto Kusnohadi.

Serah terima jabatan tersebut dilakukan Komandan Korem 131 Santiago Brigjen TNI Musa Bangun, di Manado, Jumat, dihadiri Kepala staf Korem, Dandim jajajaran Korem Santiago, komandan dan kepala Dinas Jawatan jajaran Korem 131/Santiago, Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 131 Pengurus Daerah VII Wirabuana.

Danrem Santiago Brigjen TNI Musa Bangun mengatakan, komandan komando ke wilayahan saat ini harus fokus pada pembinaan teritorial.

Dalam doktrin TNI AD, Kartika Eka Paksi dinyatakan bahwa pembinaan teritorial merupakan salah satu fungsi utama TNI Angkatan Darat.

Untuk itu, seorang Dandim harus mampu menempatkan diri pada waktu dan tempat yang tepat di setiap situasi yang serba dinamis.

"Tahu saat yang tepat untuk mengambil peran yang menonjol, dan kapan saatnya harus bertindak untuk memberi dorongan sebagai bentuk kontribusi pemikiran kepada pemerintah daerah dalam membangun wilayahnya guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya," katanya.

Musa Bangun mengatakan, kepada Letkol Kav Dino Martino beserta isteri, selamat datang dan selamat bertugas untuk mengemban amanah yang telah diberikan sebagai Dandim 1309/ Manado yang baru.

"Saya percaya, dengan bekal berbagai pengalaman tugas sebelumnya, termasuk sebagai Danyonkav 10/Serbu Kodam VII/Wirabuana, saudara akan segera dapat menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi Kota Manado sebagai wilayah tanggung jawab penugasan yang baru," katanya.

Pejabat lama Dandim 1309/Manado Letkol Inf Indarto Kusnohadi selanjutnya akan menjadi Perwira Pembantu Madya Pembinaan Karir Staf Personel Angkatan Darat(Pabandya) di Binkar Spersad.

Sementara Letkol Kav Dino Martino sebelumnya menjabat sebagai Danyonkav 10/Serbu Kodam VII/ Wirabuana.

Letkol Kav Dino Martino juga pernah bertugas di Manado sebagai sebagai Kasiter Korem 131/Santiago.@antarasulut.com

Pewarta : Oleh Jorie M R Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024