Gorontalo (ANTARA) - Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, Sabtu, mengatakan organisasi Kerukunan Keluarga Jaton Indonesia (KKJI) penting untuk menjaga persaudaraan antara warga Jawa-Tondano.

“KKJI sudah tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. KKJI dipastikan telah berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia dan di Gorontalo khususnya, namun yang paling penting organisasi dapat menjaga kebersamaan dan kekeluargaan serta mempererat tali persaudaraan,” kata Hamka di Gorontalo,  Jumat. 

Ia berharap pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) ke-3 KKJI yang digelar di Kampung Jawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo pada 15-16 Oktober 2022, dapat menghasilkan gagasan-gagasan yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat Jawa Tondano (Jaton) terutama yang ada di Gorontalo.

“Lahirkanlah pikiran-pikiran yang membangun. Perdebatan mungkin bisa terjadi di munas, tapi pesan saya tetap jaga tali silahturahmi dan persaudaraan karena KKJI selalu menjadi pemersatu antar sesama warga Jawa Tondano,” kata dia.

Pelaksanaan musyawarah KKJI dengan tema “Revitalisasi dan Rekonstruksi Pasca Pandemi COVID-19” di Provinsi Gorontalo merupakan yang ketiga kalinya digelar, setelah tahun 2012 dilakukan di Jakarta dan tahun 2017 di Tondano Sulawesi Utara.


Pewarta : Debby H. Mano
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024