Manado (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mendorong UMKM mendapatkan kemudahaan akses pembiayaan dan mendukung tumbuh kembang UMKM menjadi penopang ekonomi nasional. 
Hal ini dilakukan salah satunya melalui partisipasi BCA dalam gelaran KUR Festival dan UMKM yang diadakan di Manado Town Square, Sulawesi Utara pada Kamis (28/09). 

Melalui partisipasi tersebut, BCA sekaligus menegaskan komitmen BCA untuk terus mendukung program pemerintah dalam mendukung sektor UMKM dengan menyalurkan KUR kepada UMKM di sektor usaha retail dan F&B serta sektor usaha produktif lainnya. 

Hadir dalam acara ini Deputi Bidang Koordinasi Makro dan Keuangan selaku Sekretaris Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM Iskandar Simorangkir, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, dan Kepala KCU Manado Liau Jung Nyap. Pagelaran tersebut dimeriahkan oleh berbagai pameran produk UMKM lokal dari berbagai pengrajin UMKM di kota Manado, yang sedianya berlangsung selama 2 hari, yaitu mulai dari 28  hingga 29 September 2022. 

“Dukungan BCA terhadap sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terus digenjot demi membantu industri tetap berjalan di tengah proses Pemulihan Ekonomi Nasional. Hal ini tentu sejalan dengan upaya pemerintah untuk menyeimbangkan kembali roda perekonomian Indonesia. Pagelaran acara ini menjadi sebuah momen baik bagi kita semua dalam mengembangkan dan membangun ketahanan UMKM di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang semakin membaik pasca pandemi,” ujar Liau. 
 
Kegiatan ini diikuti oleh 1 mitra UMKM BCA yang mengisi booth event dan adanya sesi sosialisasi & konsultasi mengenai program KUR BCA kepada UMKM potensial maupun masyarakat secara umum melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BCA. Selain itu, BCA juga turut menghadirkan 1 debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Plafon Kredit senilai Rp 200 juta dengan bentuk usaha perdagangan retail/eceran.  

Sebagai informasi, hingga Agustus 2022, total penyaluran KUR BCA tercatat mencapai Rp 419 Miliar, meningkat 225% secara tahunan (YoY) dari tahun sebelumnya. Sementara itu, bunga KUR BCA saat ini 6% dengan p.a maksimal 5 tahun. Selain itu, juga ada penawaran menarik lainnya dari program KUR BCA yakni bebas biaya admin dan provisi.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat membantu pengusaha UMKM di Indonesia kembali bangkit di tengah pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19. Hal ini sejalan dengan upaya BCA dalam mempercepat realisasi tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).  Kami berharap keberadaan kegiatan KUR Festival dan UMKM di kota Manado ini dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh UMKM serta meningkatkan akses pembiayaan bagi pelaku UMKM,” tutup Liau.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024