(LIPUTAN KHUSUS)

Manado (ANTARA Sulut)  - Kedutaan besar (Kedubes) Polandia di Jakarta mendorong peningkatan kerjasama dalam bidang Perdagangan dan Investasi dengan dengan Kota Manado, Sulawesi Utara.

"Untuk keperluan tersebut, Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Polandia di Jakarta Romuald Morawski sudah menemui kami, awal pekan berjalan," Kata Wali Kota Manado Vicky Lumentut di Manado, Selasa.

Vicky mengatakan, dalam pertemuan tersebut, Polandia dan Manado sepakat mendorong peningkatan perdagangan dan investasi, untuk meningkatkan kerjsama ekonomi dengan Indonesia pada umumnya.

Vicky mengatakan, kunjungan Morawski tersebut, adalah tindak lanjut dari kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke ota Warsawa Polandia, awal September 2013 dimana telah ditandatangani 12 MoU antara Kamar dagang Indonesia dan Badan kooordinasi Penanaman Modal kedua negara.

Menurut Vicky berdasarkan pengakuan Morawski, Sulawesi dipandang sebagai wilayah yang sangat menarik bagi peningkatan hubungan kerjasama di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata.

"Sedangkan potensi kerjasama dengan Manado antara lain adalah di bidang perkapalan, pelabuhan, permesinan berat, galangan kapal, mesin konstruksi, sistem pengairan dan pemanfaatan limbah," katanya.

Menurutnya kedua pihak berharap dapat saling bertukar informasi mengenai berbagai prospek serta potensi kerjasama yang dapat ditingkatkan, antara Polandia dan Manado.

Vicky mengatakan, Pemerintah Manado menyambut baik penjajakan baik kerjasama itu, sebab dampaknya sangat positif bagi pembangunan perekonomian daerah tersebut.

"Dari kunjungan tersebut diharapkan rencana kerjasama dengan negara dari Eropa Timur tersebut bisa segera direalisasikan sehingga perekonomian kita akan makin bergeliat," katanya.

Sebelum mengunjungi Manado dan bertemu dengan Wali Kota Vicky Lumentut, MOrawski sudah mengunjungi Makassar dan dan pihaknya berpartisipasi dalam pameran perdagangan Celebes Interfood 21-23 Mei 2014. 

Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024