Manado (ANTARA) - Penyelesaian infrastruktur jalan lingkar luar Manado (Manado Outer Ring Road) III, Sulawesi Utara diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp600 miliar - 800 miliar.

"Total panjang MORR III ini 11 kilometer, sementara yang selesai dibangun sepanjang tiga kilometer," sebut Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulut, Hendro Satrio MK, di Manado, Senin.

Bila setiap tahunnya ada sekitar 1,5-2 kilometer yang dibangun, maka diperkirakan masih membutuhkan sekitar empat sampai lima tahun lagi agar ruas jalan tersebut tersambung dengan MORR I.

Meski begitu, kelancaran pembangunan infrastruktur jalan Kalasey-Winangun sepanjang 11 kilometer tersebut sangat bergantung pada kesiapan lahan yang dibebaskan dan dana yang tersedia.

"Kami akan terus memacu pembangunan MORR III ini sehingga bisa diselesaikan sesuai rencana," katanya.

Di titik Winangun yang akan tersambung dengan MORR III, akan dibangun underpass.

"Anggaran yang dialokasikan sebesar Rp600 miliar - 800 miliar tersebut sudah termasuk dengan pembangunan underpass," katanya.

Pemerintah membangun MORR III yang nantinya akan tersambung dengan MORR I dan MORR II yang sudah selesai dibangun sebelumnya.

Kehadiran MORR III ini nantinya mengurai kemacetan di Kota Manado, karena kendaraan tidak lagi harus masuk ke ruas jalan utama di wilayah tersebut.

Kendaraan dari arah Malalayang yang ingin mengakses wilayah timur, utara dan selatan Kota Manado, tak lagi masuk perkotaan karena bisa langsung mengakses MORR III tersebut.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024