Manado (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara (Sulut), dr Gysje Pontororing mengajak masyarakat  untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan  selama penyebaran kasus baru masih terjadi.

"Mari kita disiplin menerapkan protokol kesehatan di dalamnya menggunakan masker ketika melakukan aktivitas. Selain itu segeralah mendapatkan vaksinasi COVID-19," ajak dr Gysje di Manado, Minggu.

Saat ini menurut dia, akumulasi kasus COVID-19 di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut telah mencapai 52.759 orang setelah ada  tambahan 11 kasus baru.

Kasus-kasus baru tersebut berasal dari Kota Manado sebanyak empat kasus, Kabupaten Minahasa Tenggara (dua kasus) dan Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kota Kotamobagu masing-masing satu kasus.

Dia menyebutkan, angka kesembuhan COVID-19 saat ini sebesar 96,85 persen dengan akumulasi kasus sembuh sebanyak 51. 095 orang, bertambah tiga kasus sembuh dari Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (dua orang) dan Kota Bitung (satu orang).

Selanjutnya, angka kematian (Case Fatality Rate) sebesar 2,27 persen dengan jumlah kasus meninggal sebanyak 1.198 orang.

Kasus meninggal tersebut berasal dari Kota Manado, perempuan 85 tahun dengan komorbid/komplikasi gangguan koagulopati, hiponatremia, dislipidemia, sindrom geriatri (infeksi, frailty, gangguan nutrisi (inanition)), penyakit katup jantung, efusi pericardium dan gangguan kesadaran.

Warga Manado yang meninggal tersebut sudah divaksinasi COVID-19 Sinovac dua dosis.

Sementara itu, warga Sulut yang masih dirawat di rumah sakit rujukan (kasus aktif) sebanyak 466 orang atau sebesar 0,88 persen.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024