Manado, 20/5 (AntaraSulut) - Kepala Inspektorat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Drs Mecky M Onibala MSi mengajak pemerintah kabupaten/kota mengikuti jejak Pemkot Bitung yang telah dua kali meraih WTP.

"Sistem pengelolaan keuangan daerah Kota Bitung sudah dua kali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari tahun 2012-2013, ini suatu prestasi yang patut dicontoh pemerintah kabupaten/kota lain," kata Onibala di Manado, Selasa.

Harapan itu juga disampaikan Onibala pada rapat pemutahiran data tindak lanjut temuan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut, pekan lalu di Kabupaten Bolaang Mongondow, ungkap Kabag Humas Pemprov Sulut Jemmy Kumendong.

Rapat tersebut dimaksudkan untuk mendorong peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia pemeriksa dalam mengurangi peluang terjadinya korupsi pada tingkat pemerintah kabupaten/kota.

Karena itu Kabupaten/Kota harus bekerja keras untuk mencegah terjadinya penyimpangan pengelolaan keuangan daerah, sehingga tahun ini diharapkan bisa meraih predikat WTP.

Kumendong mengatakan sesuai penyampaian Onibala bahwa rapat itu akan dilanjutkan ditingkat nasional di Bali pada pertengahan Juni 2014.

Pada kesempatan tersebut, Onibala mengungkapkan prestasi Pemerintah Provinsi Sulut dibawa kepemimpinan Gubernur DR Sinyo Harry Sarundang telah meraih WTP tiga kali yakni pada tahun 2009, 2010 dan 2012.

Prestasi tersebut harus diikuti pemerintah kabupaten (Pemkab) dan Pemkot lainnya di provinsi ini, kata Onibala sambil berharap sistem pengelolaa keuangan semakin baik.

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024