Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota Bitung di Provinsi Sulawesi Utara terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan di daerah setempat dalam tahun 2022.

"Kami berharap semakin banyak sekolah di Kota Bitung yang menjadi unggulan, karena mampu tingkatkan mutu pendidikan," kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri di Manado, Minggu.

Dikatakan, Pemkot Bitung merasa bangga atas ditetapkanya SMK Negeri 2 Bitung sebagai Sekolah Pusat Unggulan, sebagai ukuran keberhasilan dunia pendidikan di Kota Bitung.

Beberapa waktu yang lalu pihaknya mengunjungi sekolah unggulan yang ada di daerah Kudus, yang dikelola oleh CSR dari perusahaan-perusahaan di sekitarnya.

Salah satu sekolah sudah menggunakan pembelajaran Teaching Factory, pola pembelajaran ini dirancang berbasis produksi barang atau jasa dengan mengadopsi dan mengadaptasi standar mutu dan prosedur kerja industri.

Ini menjadi tantangan untuk SMK N 2 Bitung, katanya, bahkan sekolah-sekolah kejuruan yang ada di Kota Bitung.

Ke depan bahwa sekolah kejuruan yang ada di Kota Bitung, katanya, bukan hanya sebagai label saja, tapi benar-benar menjadi keunggulan.

Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar mengatakan dunia digital saat ini benar-benar menjadi tantangan untuk semua.

Hengky mengatakan jangan heran jika mereka yang tidak mau mengaplikasikan digitalisasi akan tertinggal dengan sendirinya.

"Harapan Kami, sekolah-sekolah kejuruan yang ada di Kota Bitung ini mampu menciptakan ide yang dituangkan ke dalam hasil yang nyata," jelasnya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024