Manado (ANTARA) - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Kodim 1312/Talaud melaksanakan kegiatan nonfisik, salah satunya adalah memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada siswa yang berada di wilayah perbatasan, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Kepala Penerangan Kodam XIII/Merdeka Kolonel Inf Jhonson M Sitorus, di Manado, Rabu, mengatakan sosialisasi wawasan kebangsaan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa patriotisme para siswa dan siswi Desa Gemeh, Kepulauan Talaud.

"Salah satu sasaran nonfisik dalam program TMMD ke-114 Kodim 1312/Talaud yakni kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan. Kegiatan tersebut diselenggarakan guna meningkatkan wawasan berpikir para siswa akan kecintaan mereka terhadap kerukunan antar budaya dan adat istiadat di Negara Republik Indonesia ini," kata Kapendam.

Dia menambahkan tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut adalah "TMMD dedikasi terbaik membangun negeri”.

Kegiatan pembekalan materi wawasan kebangsaan ini diikuti sekitar 60 siswa/siswi dari SMK Negeri 4 Talaud dan SMPN 2 Talaud.

Kegiatan tersebut disambut antusias oleh para siswa serta kemauan ingin tahu tentang semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Berharap semua materi yang diberikan oleh para pembicara dapat langsung diaplikasikan dalam kehidupan para siswa sehari-hari," katanya.

Kegiatan yang digelar di Pendopo SMP Negeri 2 Talaud Desa Gemeh, menghadirkan pemateri Danramil 05 Essang Kodim 1312/Talaud Serma Will B. Bee.

Selain sasaran nonfisik, TMMD ke-114 Kodim 1312 Talaud juga melaksanakan sejumlah kegiatan dengan sasaran fisik seperti perintisan pembuatan jalan 1,2 kilometer, pembuatan jembatan dan plat duiker.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024