Manado, 14/4 (AntaraSulut) - Wakil Wali (Wawali) Kota Manado Harley Mangindaan, mengajak 7.724 peserta Ujian Nasional SMA sederajat tenang ikut ujian, agar bisa melewatinya hingga hari terakhir.

"Ini baru hari pertama, kami berharap seluruh siswa berusaha karena masih ada dua hari lagi," kata Harley usai memantau UN di SMA-SMK Elfatah dan SMK Getsemani, Senin.

Harley mengatakan, jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan UN, pemerintah sudah mengingatkan pelaksana agar semuanya dapat dipersiapkan dengan baik sehingga dapat meringankan mental para siswa yang ikut.

Harley juga berharap dalam tiga hari pelaksanaan UN tersebut, tidak ada kebocoran soal sehingga tidak ada masalah yang timbul nanti.

Di SMK Getsemani Harley yang melihat pelaksanaan UN juga menyampaikan dukungan moril bagi siswa supaya tetap tenang selama ikut ujian.

"Tidak usah buru-buru dalam mengerjakan soal ujian, karena waktu cukup panjang, maka para siswa harus memanfaatkannya dengan baik," katanya.

Harley berharap dengan keikutsertaan di hari pertama ini, akan sama hingga hari terakhir sehingga tingkat kelulusan dapat mencapai 100 persen dari jumlah peserta.

Peserta UN SMA sederajat untuk tahun 2014 di Manado, tercatat sebanyak 7.724 orang, 4.189 SMA dan MA kemudian sisanya 3.535 orang di SMK.

Untuk siswa SMA dan MA, mata pelajaran yang akan diujikan untuk program IPA adalah Bahasa Indonesia, biologi, matematika, kimia, bahasa Inggris dan fisika, sedangkan untuk IPS adalah Bahasa Indonesia, matematika, antropologi, bahasa inggris dan bahasa asing.

"Lalu untuk program keagamaan meliputi Bahasa Indonesia, hadis, matematika, fikih, bahasa inggris dan tafsir, dan SMK dan MAK serta SMALB mata pelajaran yang diujikan adalah bahasa Indonesia, matematika dan bahasa inggris," katanya.

Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024