Manado, 14/4 (Antara) - Maersk Line melalui agen PT Pelayaran Bintang Putih, melakukan ekspor perdana komoditas unggulan Sulawesi Utara(Sulut) dari Pelabuhan Bitung ke Pelabuhan Tanjung Pelepas Malaysia.

"Sebanyak 50 kontainer terdiri berbagai jenis komoditas unggulan Sulut, dikapalkan ke Malaysia baru kemudian dikirim ke berbagai negara tujuan," kata Direktur Utama PT Pelayaran Bintang Putih Jakob Friis Sorensen saat pencanangan beroperasinya perusahaan jasa angkutan tersebut di Bitung, Senin.

Jakob mengatakan, 50 kontainer komoditas ekspor tersebut diangkut MV Vega Viyen dan akan menempuh perjalanan selama tujuh hari untuk tiba di Malaysia.

Diantara komoditas yang diekspor tersebut, kata Jakob yakni produk perikanan, produk turunan kelapa dan produk lainnya yang selama ini menjadi unggulan daerah.

"Selain produk unggulan Sulut, ada juga sejumlah produk unggulan di Indonesia Timur," kata Jakob.

Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd mengatakan kehadiran Maersk Line untuk melayari Bitung-Malaysia akan menguntungkan dunia usaha Sulawesi Utara (Sulut).

"Keuntungan bagi kalangan dunia usaha Sulut dengan adanya layanan pelayaran langsung kapal peti kemas internasional di Indonesia Timur, diantaranya soal waktu pengiriman ke negara tujuan ekspor menjadi lebih singkat," kata Djouhari.

Sebelumnya, ekspor dari Pelabuhan Bitung harus singgah terlebih dahulu Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta atau Tanjung Perak Surabaya, tetapi sekarang bisa langsung ke pelabuhan pusat perdagangan untuk ekspor.

"Ini jelas dapat mengurangi biaya biaya transportasi lokal, keuntungan lainnya resiko kerusakan barang ekspor akibat harus re-stuffing menjadi berkurang,

Manfaat lainnya dengan adanya ekspor langsung dari Sulut ke negara tujuan, maka Pelabuhan Bitung nantinya akan menjelma menjadi pusat kegiatan ekspor di Indonesia Timur.

Dari data, sejak tahun 2008 sudah sebanyak 77 negara yang menjadi tujuan ekspor Sulut 71 jenis komoditas unggulan daerah ini.

Peresmian kegiatan ekspor Maersk Line dilakukan Dirjen Perhubungan Laut Kapten Bobby R Mamahit yang ditandai dengan penguntingan pita, disaksikan Wakil Wali Kota Bitung Max Milian Lomban, Asisten I Pemprov Edwin Silangen SE MSi, Kadis Perindag Ir Olvie Ateng MSi, Kadis ESDM Ir Marly Gumalag dan Kadis Perkebunan Ir Jenny Karouw MSi, serta pejabat teras lainnya.

Pewarta : Nancy Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024