Manado (ANTARA) - Kepala Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, I Komang Sudana mengatakan, kemajuan pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Utara, Sulut telah mencapai 88 persen.

"Memang agak sedikit lambat pembangunannya karena terkendala faktor cuaca," ujar Komang di Manado, Rabu.

Dia menjelaskan, ketika membangun tubuh bendungan harus dalam keamanan tinggi, memasang alat serta memastikan lapisan tanah liat tidak kelebihan air.

"Bila kelebihan air, tidak bisa padat nantinya. Lapisan yang bisa meredam rembesan ini intinya harus dijaga. Karena itu kami memasang terpal untuk menutupi permukaan ketika hujan turun," ujarnya.

Dia mengatakan, hujan yang mengguyur di wilayah lokasi pembangunan bendungan, cukup tinggi sehingga mempengaruhi pekerjaan.

Meski begitu kata dia, pengerjaan pembangunan bendungan Kuwil ini akan terus dipacu sehingga bisa selesai dan diresmikan sesuai rencana.

Dia menambahkan, pembangunan tubuh bendungan sudah mencapai 95 meter dari rencana 106 meter atau masih sekitar 11 meter lagi.

"Kalau cuaca mendukung dalam satu atau atau dua bulan kita akan pacu pembangunannya hingga selesai," ujarnya optimistis.

Dia mengatakan, selain penyelesaian tubuh bendungan pekerjaan lainnya seperti penataan kawasan termasuk landscape masih sementara berlangsung.

"Selain fungsi utama mengendalikan banjir di Kota Manado, bendungan ini juga nantinya akan menjadi salah satu alternatif tujuan wisata warga," ujarnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024