Manado (ANTARA Sulut) - Jackson "Jacko" Kumaat kembali mendapatkan kehormatan dari masyarakat Manado, kali ini dari komunitas Borgo.

     Jacko mendapat anugerah gelar adat dari masyarakat Borgo Manado. Pengusaha muda tersebut, dimasukan sebagai bagian dari warga Borgo Sulawesi Utara.

     "Saya sangat berterima kasih kepada saudara-saudaraku masyarakat Borgo Manado, karena sudah memberikan gelar adat ini," katanya.

     Jacko mengaku mendapatkan kehormatan dari warga Borgo tersebut, sebab sebagai seorang yang masih muda, ia sudah mendapatkan gelar adat tersebut, karena itu ia mengajak generasi muda untuk menghargai adat berbagai suku di Sulawesi Utara.

     Penganugerahan gelar adat tersebut dilakukan dalam acara syukuran adat Gocefa warga Borgo di Kota Manado dan sekitarnya, Senin (31/3).

     Pesta tersebut merupakan wahan komunikasi masyarakat dengan Tuhan Yang Maha Kuasa dan semangat para leluhur.

     Tua-tua adat Borgo Manado Joseph Pattymahu Klaas menuturkan menggelar ibadah syukuran Adat Gocefa juga dirangkaikan dengan HUT ke 15 Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN).

     “Di mana masyarakat adat Borgo-Bawontehu-Maadon (Mabbam) adalah termasuk anggotanya dengan anam Tou-Babontehu,” ucapnya.

     Ia mengatakan upacara adat ini juga sebagai bagian untuk mendukung dan menyukseskan Pemilu 9 April mendatang.

     “Kami bertekad dan berharap agar pemilu berlangsung damai, gembira,” kata ketua panitia E. Heydemans.
     
     Acara ini dihadiri warga Borgo dari Kota Manado sebagian dari Minut dan daerah sekitarnya. Selain itu, warga Borgo juga tresebar sampai provinsi Maluku.  


Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024