Manado (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) terus mempromosikan sektor pariwisata Sulut dan kali ini melakukannya lewat ajang lomba bersepeda menggandeng Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI).

"Rencananya kegiatan lomba bersepeda ini rencananya akan digelar akhir pekan ini (25/6)," kata Dirut BSG Revino Pepah, di Manado, Kamis.

Revino mengatakan kegiatan BSG Tour North Sulawesi 2022 ini masih dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61.

Dia menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari mempromosikan pariwisata Sulut agar semakin dikenal wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Perlombaan sepeda ini akan terdiri dari dua bagian, yakni, Tour dan King of Montain (KOM) serta Queen of Montain (QOM), diikuti oleh peserta yang berasal dari Sulut, Jawa, Sumatra dan juga dari mancanegara yaitu Malaysia," kata Revino yang juga sebagai ketua ISSI Sulut.

Lomba sepeda ini akan nelintasi lima daerah, kata Revino, mulai dari Manado, Minahasa, Minahasa Selatan, Boltim dan Kotamobagu.

Garis star akan dimulai dari Kantor Gubernur Sulut, katanya, kemudian check point pertama di Desa Mangatasik dengan jarak tempuh 28 KM berlanjut ke Water Station 1(52 KM), Water Station 2 di Desa Popentolen (60 KM), Check Point kedua di Cafe Amal Amurang (85 KM), Star KOM QOM Desa Kapitu (98 KM), Water Station 3 di pertigaan Desa Kumel (100 KM), Water Station 4 Desa Motoling (122 KM), Water Station 5 Desa Tambelang (147 KM), Finish KOM dan QOM Desa Palelolan(160 KM), Check Point ketiga Goba Molinow (175 KM) dan Hotel SutanRaja (190 KM).

Kegiatan ini, katanya, akan diikuti oleh sekira 280 peserta, dengan rincian untuk kategori KOM dan QOM 96 peserta, untuk Tour 184 peserta. Lomba sepeda ini akan memperebutkan hadiah dan doorprize puluhan juta.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024