Manado (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, memintah pihak eksekutif menjamin ketersedian obat-obatan di seluruh fasilitas kesehatan.
"Kami meminta pihak Pemkab memberikan jaminan agar ketersediaan obat-obatan di fasilitas kesehatan baik Puskesmas, dan RSUD ini lengkap dan memadai," kata Ketua DPRD Minahasa Tenggara Marty Ole di Ratahan, Senin.
Selain adanya ketersediaan obat yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat, kami ingatkan ke pihak Dinas Kesehatan agar menjamin kelayakan untuk dikonsumsi.
"Kami berharap dengan adanya pemusnahan obat-obatan yang sudah dilakukan instansi terkait, semua obat yang ada di dinas serta di seluruh fasilitas kesehatan tidak ada lagi yang kadaluarsa," ujarnya.
Ia menambahkan, pihak DPRD akan memberikan dukungan berupa anggaran untuk pemenuhan setiap obat-obatan yang diperlukan dalam rangka memaksimalkan pelayanan kesehatan.
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara Helni Ratuliu mengungkapkan, pihaknya menjamin semua obat yang di Puskesmas dan RSUD Mitra Sehat layak konsumsi, dan tidak ada kadaluarsa.
"Kami jamin semua obat tersedia di fasilitas kesehatan. Dan semua sudah dipastikan aman untuk konsumsi dan tidak kadaluarsa," katanya.
Dia mengungkapkan, untuk obat-obatan kadaluarsa pihaknya sudah melakukan pemusnahan hampir 3 ton.
"Jadi kami tidak ada lagi obat yang kadaluarsa karena sudah dilakukan pemusnahan. Dan untuk stoknya, masih cukup dan tersimpan dengan baik di gudang obat Dinas Kesehatan," tandasnya.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024