Jakarta,(AntaraSulut) - Menteri Luar Negeri AS John Kerry akan menyoroti permasalahan yang dihadapi oleh AS, Indonesia, dan dunia akibat perubahan iklim dalam pidato yang akan disampaikan di @america, Jakarta pada 16 Februari sore. Menlu Kerry secara pribadi menyapa masyarakat Indonesia dalam sebuah video yang ditayangkan sebelum lawatannya ke Jakarta dan mengutarakan pentingnya isu perubahan iklim.

Video ini dapat dilihat di sini: [cid:image008.png@01CF2967.879EB810] http://youtu.be/Dy15hWkGaI4 Seperti diungkapkan Menlu Kerry, "Dalam menghadapi tantangan abad ke-21, tidak ada hubungan lain yang lebih penting dari hubungan erat antara Amerika Serikat dan Indonesia. Namun, perubahan iklim merupakan tantangan terbesar kita dan sangat memerlukan kepemimpinan bersama.

Dalam rilis yang diterima Antara Sulut disebutkan, acara ini dapat disaksikan secara langsung di http://www.livestream.com/at_america dan http://www.ustream.tv/channel/atamerica. Selama pidato, Anda dapat mengikuti perbincangan Twitter di @usembassyjkt atau dengan menggunakan hashtags #ActOnClimate dan #MenluKerry. @america adalah Pusat Kebudayaan AS abad ke-21 milik Kedutaan Besar AS. Misinya adalah untuk melibatkan para pemuda Indonesia dan mempererat hubungan antar masyarakat (people-to-people) kedua negara kita.

Dengan menggelar berbagai kegiatan seperti konser musik, bincang-bincang, dan lokakarya, @america mempromosikan kepentingan bersama di bidang musik, pendidikan, kewirausahaan, teknologi, dan pelestarian lingkungan hidup. Sejak dibuka pada Desember 2010, lebih dari 500.000 pengunjung telah berkunjung ke @america dan lebih dari 1.900 kegiatan acara telah digelar di sana.

Kunjungan Menlu Kerry ke Jakarta merupakan bagian dari lawatannya ke Seoul, Beijing, Jakarta, serta Abu Dhabi dari tanggal 13 hingga 18 Februari untuk bertemu dengan para pejabat tinggi pemerintah serta membahas berbagai isu bilateral, regional, dan global. Ini adalah lawatan Menlu Kerry ke-5 ke Asia dalam setahun terakhir.

Selama berada di Jakarta, Menlu Kerry akan menegaskan kembali bahwa Amerika Serikat menghargai kepemimpinan Indonesia yang terus meningkat dalam menghadapi tantangan global dan berharap dapat terus bekerjasama dengan Indonesia dalam isu-isu mengenai perubahan iklim, keamanan, demokrasi, integrasi kawasan, dan hak asasi manusia.

Menlu Kerry juga akan memimpin Pertemuan Komisi Gabungan (Joint Commission Meeting) di bawah Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia. Dalam pertemuannya dengan Sekretaris Jenderal ASEAN, Menlu Kerry akan menggarisbawahi pentingnya keterlibatan institusi multilateral di Asia.

 Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web kami di http://jakarta.usembassy.gov dan bergabung di http://twitter.com/usembassyjk,  Tel: (62-21) 3435-9566, Fax: (62-21) 381-0243 Jl. Medan Merdeka Selatan 4, Jakarta 10110, Indonesia.

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024