Manado (ANTARA) - Pemilihan Hukum Tua(Pilhut) di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara(Sulut) yang berlangsung serentak, Selasa, ditandai terpilihnya kembali seorang aparatur sipil negara(ASN) yang sudah menjabat hukum tua sekitar 20 tahun.

Marthinus Mamuja, ASN yang sudah melalui jabatan Hukum Tua Desa Rumengkor, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara(Sulut) sejak tahun 2002, kembali dipercaya masyarakat setempat untuk menjadi orang nomor satu di desa itu. 

Ketua Panitia Pilhut  Desa Rumengkor, Efemia Lumi di Rumengkor, Selasa mengatakan, Marthinus Mamuaja, (nomor urut 2) memperoleh suara 457 suara, diikuti Anastasia Kaunang (4) sebanyak 319 suara dan Petrus Korengkeng(1) 146 suara serta Aurelius Monde (3) sebanyak 11 suara.

Bupati Minahasa Royke Roring mengatakan sebanyak 98 desa di kabupaten tersebut   melaksanakan pilhut serentak, i tersebar di Wilayah Hukum Polresta Manado sebanyak 8 Desa 27 TPS, Polresta Tomohon 18 desa 38 TPS dan Polres Minahasa terdapat 72 Desa dan 146 TPS, dengan jumlah keseluruhan ada 211 TPS yang tersebar di 98 Desa. 

"Kiranya semua unsur baik pemerintah dan tokoh masyarakat serta tokoh agama  dapat membantu terlaksananya Pilhut di Kabupaten Minahasa secara aman dan damai," kata Bupati Minahasa.

Pesta demokrasi Pilhut di Kabupaten Minahasa digelar serentak hari ini, Selasa 31 Mei 2022.

Dalam rangka terlaksananya pesta demokrasi yang kondusif maka Polres Minahasa mengawal prosesnya hingga berakhir dengan aman. 
Sebanyak 221 personel gabungan Polres Minahasa dikerahkan untuk mengawal jalannya proses pemilihan hukum tua. 
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024