Kota Manado (ANTARA) - Bupati Sitaro Evangelian Sasingen,  menyambangi Kantor Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo - Jakarta, guna mempertanyakan proses restorasi jaringan fiber optic (FO) bawah laut lewat proyek Palapa Ring yang diprogramkan oleh pemerintah melalui BAKTI Kominfo ke wilayah Sitaro.

"Ibu bupati mempressure percepatan restorasi jaringan FO bawah laut ini, karena kondisi jaringan komunikasi internet sejak akhir September 2021 hingga saat ini  mengalami gangguan atau putus, akibatnya jaringan komunikasi internet di wilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro terganggu," jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sitaro, Gandhawari L Mulalinda S,STP MSi.

Dikatakan Mulalinda,  bupati diterima oleh Direktur Layanan Masyarakat dan Pemerintah, Danny Januar Ismawan bersama jajaran. "Dalam agenda audiens ini pihak BAKTI Kominfo menjelaskan terkait program pembangunan jaringan Kabel FO bawah laut Palapa Ring yang menghubungkan wilayah Sitaro dengan jaringan Kabel FO wilayah lainnya," kata Mulalinda.

Mengutip penjelasan pihak BAKTI Kominfo, bahwa program tersebut merupakan upaya pemerintah mengatasi kesenjangan akses Informasi dan komunikasi di wilayah yang secara komersil tidak diminati oleh pelaku usaha telekomunikasi. "Karena proyek ini butuh biaya investasi besar dalam membangun infrastrukturnya tapi tidak sebanding dengan prospek pendapatan yang diperoleh," kutip Mulalinda.

Positifnya, lebih lanjut dalam proyek Palapa Ring yang diprogramkan pemerintah untuk membangun infrastruktur telekomunikasi serat optik, guna mengintegrasikan jaringan telekomunikasi yang telah ada (existing network) antara wilayah barat, tengah dan timur Indonesia. "BAKTI Kominfo menjadikan Ondong Siau sebagai titik posisi penting, salah satu Ring di Palapa Ring Tengah," tukas dia 

"Pentingnya titik Ondong Siau menurut pihak BAKTI, karena posisi ini selain sebagai titik layanan konektivitas Ondong Siau - Tahuna - Melongoane - Morotai Selatan.  Juga merupakan titik penyatu interkoneksi Manado-Tobelo. Sekaligus menghubungkan Palapa Ring Tengah dengan Palapa Ring Timur," katanya lagi.

Pewarta : Stenly Rein Mes Gaghunting
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024