Manado, 7/8 (Antara Sulut) - Penumpang mudik dari terminal antarkota antarprovinsi (AKAP) Malalayang Manado, Sulawesi Utara, dengan tujuan Gorontalo pada H-1 Idul Fitri mengalami penurunan signifikan sekitar 50 persen dibandingkan sehari sebelumnya atau H-2.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Terminal Dinas Perhubungan Manado, Stevanus Petupetu, di Manado, Rabu mengatakan, hari ini sekitar 15 bus berangkat dari terminal Malalayang dengan tujuan Gorontalo.

"Sejumlah armada bus tersebut mengangkut sekitar 260 penumpang," kata Stevanus.

Stevanus mengatakan, jika dibandingkan penumpang yang berangkat pada Selasa (6/8) atau H-2, terjadi penurunan cukup tajam.

Pada H-2 tersebut tercatat 20 buah bus mengangkut sekitar 520 penumpang yang berangkat dengan tujuan Gorontalo.

"Ini berarti terjadi penurunan sekitar lima bus dengan penumpang sekitar 260 orang atau penurunan penumpang sekitar 50 persen," kata Stevanus.

Menurut Stevanus, sedangkan penumpang yang berangkat dari terminal itu dengan tujuan Kota Palu, Sulawesi Tengah sekitar 106 penumpang menggunakan tiba buah armada.

"Untuk tujuan Makassar, Sulawesi Selatan, pada hari ini tidak ada bus yang berangkat," katanya.

Terminal Malalayang Manado selain melayani penumpang Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) dengan tujuan berbagai kota di Sulawesi Utara, juga melayani AKAP dengan tujuan Palu, Gorontalo dan Makassar.@antarasulut.com

Pewarta : Oleh Jorie M R Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024