Minahasa, (ANTARA Sulut) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Minahasa berkomitmen kuat menjadi garda terdepan melestarikan lingkungan.

"Generasi muda akan selalu tampil terdepan dalam menunjang program pemerintah demi keberlanjutan dan kelestarian alam serta bersinergi dengan pemerintah kabupaten," kata Ketua  KNPI Minahasa, Jemmy Ringkuangan AP MSi.

Dia pun mengajak semua elemen anak bangsa berperan aktif dalam upaya pelestarian Danau Tondano yang berperan vital sebagai jantung perekonomian di Sulawesi Utara dan Kabupaten Minahasa.

"Danau Tondano bukan hanya milik rakyat Minahasa, tapi milik bersama seluruh masyarakat Sulawesi Utara dan Indonesia. Apabila danau ini tidak mampu dilestarikan akan menjadi isu nasional bahkan global karena hilangnya keanekaragaman hayati yang memberi sumber pangan bagi masyarakat," katanya.

Bahkan kata dia, apabila tidak dilakukan intervensi positif terhadap kondisi Danau Tondano saat ini, roda ekonomi di Sulawesi Utara akan berhenti berputar.

Kontribusi nyata Danau Tondano, kata dia, dapat dirasakan setiap hari karena menjadi sumber listrik PLN, belum lagi menjadi sumber penyedia air bagi peternakan dan perikanan, pariwisata dan sektor lainnya.

"KNPI Minahasa punya tanggung jawab besar melestarikan danau ini. Kalau bukan sekarang kapan lagi, dan kalau bukan kita, siapa lagi yang harus memulainya," ungkapnya.

Ringkuangan yang keseharian menjabat Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan Pemprov Sulawesi Utara mengharapkan, peran-peran pelestarian yang sudah dilakukan elemen masyarakat Minahasa juga harus didukung oleh pemerintah pusat.



Pewarta : Oleh: Karel Polakitan
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024