Manado, (ANTAR Sulut) - Meski almarhum ustadz Jeffry Al Buchori baru sekali datang di Manado, Sulawesi Utara sekitar tahun 2003, namun masyarakat Islam di kota tersebut sangat menggandurunginya dan merasa kehilangan sosok da'i muda yang membawa banyak perobahan.

"Kami mengenang beliau ketika almarhum datang ke Manado pada pelantikan pengurus  Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sulawesi Utara (Sulut) sekitar tahun 2003 lalu, hingga saat ini masih terkenang bagaimana almarhum dapat memberikan tauladan yang baik bagi umat Islam, khususnya generasi muda didaerah ini", kata mantan Ketua Umum BKPRMI Sulut, H. Mahmud Lihawa, Senin.

Menurut Wakil Ketua Syarikat Islam Sulut ini, sosok almarhum ustadz Jeffry dapat menginspirasikan para dai-dai muda baik di pusat hingga ke daerah, bahkan di Manado.

"Beliau orang baik, seorang anak muda yang banyak memberikan wejangan, da'wah dengan penuh kesejukan, kalimat demi kalimat diatur sedemikian rupa, dipadu dengan suaranya yang merdu membawakan ayat-ayat Allah maupun hadits, dikemas dalam lantunan suaranya", kata Lihawa.

Meski sudah hari yang keempat kepergian almarhum, namun masyarakat di Kota Manado dan sekitarnya masih saja membicarakan keberadaan sosok ustad yang dikenal pandai bergaul dengan kalangan mana saja, terutama artis -artis dan anak-anak remaja sehingga dia disebut dengan "ustadz gaul".

Disejumlah mesjdi didaerah ini setelah mendengar kematiannya, langsung menggelar sholat ghaib, usai sholat Jumat, dan bahkan disetiap kegiatan acara umat Islam, selalu mendoakan dan mengenang beliau.

"Semoga Alllah Subhanahu Wata'ala mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan menjadikan dia penghuni surganya Allah SWT dan kepada keluarga yang ditinggalkan  selalu diberikan kekuatan lahir dan bathin dalam menghadapi cobaan ini", ujar ustadz H. Umar Maliki dalam suatu kesempatan di Manado.

Almarhum ustadz Jeffry Al Buchori menghembuskan nafasnya yang terakhir pada jumat dinihari dalam suatu kecelakaan sepeda motor yang menabrak pohon palem di sekitaran Pondok Indah, Jakarta Selatan.

"Allahumma ghafirlahu warhamfu wa a'fihi wa a'fuanhu" semoga Allah SWT menerima segala amal kebaikan Mu...Amiiin....

Pewarta : oleh Guntur Bilulu
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024