Manado (ANTARA) - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh  melakukan kunjungan kerja di Depo Pendidikan Latihan dan Pertempuran (Dodiklatpur) Rindam XIII/Merdeka, di Noongan, Minahasa, Sulawesi Utara, Kamis.
Pangdam dalam arahannya mengatakan  Satuan Rindam di Kodam-Kodam memiliki Dodiklatpur yang tidak jauh berbeda, dan Dodiklatpur di Kodam XIII/Merdeka ini memiliki medan  hutan gunung.
"Kalian harus bisa melatih prajurit untuk menguasai medan yang ada, karena kodam XIII/Merdeka harus memiliki prajurit yang mampu untuk mempertahankan wilayahnya,"katanya.
 Oleh karena itu, lanjut Pangdam, latih prajurit sesuai karakteristik medan yang ada di wilayahnya.
"Bila perlu cari medan yang paling sulit, latih di situ, bentuk dia, karena karakter yang kuat itu hanya bisa lahir dari tempaan medan yang berat,” katanya.
Pangdam berharap kepada seluruh pelatih Dodiklatpur, walaupun pangkalan sangat terbatas tetapi semangat tidak boleh surut, moril dan mental tetap semangat untuk menjadikan prajurit lulusan Rindam XIII/Merdeka menjadi prajurit yang baik,” katanya.
Pangdam XIII/Merdeka juga menegaskan di Dodiklatpur ini adalah salah satu tempat untuk memperkuat baik mental, fisik dan pengetahuannya selesai keluar dari Secaba maupun Secata.
Kunjungan Pangdam tersebut didampingi  Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI E.J Lumintang, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Bambang Sujarwo, dan sejumlah pejabat utama Kodam XIII/Merdeka.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024