Bitung, (ANTARA Sulut) - Wali Kota Bitung, Hanny Sondakh mengingatkan kepada warganya untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, terutama kebersihan di laut selat Lembeh.
    
"Saat ini laut selat lembeh menjadi prioritas Pemkot Bitung mengurangi sampah," ujar Sondakh di Bitung, Kamis.
    
Sondakh berharap, bantuan seluruh masyarakat terutama di wilayah seputaran selat lembeh agar membantu pemerintah untuk bersama-sama membersihkan sampah.
    
Dia mengatakan, Pemkot Bitung terus berupaya untuk mengurangi pembuangan sampah sembarangan yang bermuara kelaut melalui sosialisasi baik di tempat umum maupun di sekolah terkait kebersihan selat Lembeh.
    
Selain itu kata Sondakh, menjaga kebersihan merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang sehat.
    
"Apalagi saat ini telah memasuki penilaian adipura tahap kedua, dengan menjaga lingkungan bukan tidak mungkin Bitung akan kembali mendapatkan apresiasi dibidang kebersihan yaitu piala Adipura," katanya.
    
Hal-hal yang perlu dibersihkan kata Sondakh, sekitar rumah masing - masing maupun jalan utama, pasar, terminal dan pantai.  
    
"Jika lingkungan bersih dan sehat maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit," kata Sondakh.
   
Sondakhpun mengungkapkan dengan pribahasa, Lebih baik mencegah daripada mengobati.
    
"Budaya hidup sehat mari jaga lingkungan hendaklah terus kita pertahankan sebab yang paling utama bagaimana membiasakan diri hidup bersih," ujarnya.

Pewarta : Melky Rudolf Tumiwa
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024