Manado, (Antara Sulut) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Sulawesi Utara (Sulut), berencana mengenalkan program unggulan dalam pameran Indonesia City Expo (ICE) di Palangkaraya, 7-11 Mei 2013.

"Program unggulan yang akan kami pamerkan di Palangkaraya adalah perlindungan rakyat semesta (universal coverage), Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) dan Pascapanen Pertanian," kata Wali Kota Manado Vicky Lumentut di Manado, Jumat.

Lumentut mengatakan bahwa program-program tersebut akan dipamerkan di stand Manado, sebab masih terbilang langka di Indonesia, bahkan Manado disebut sebagai percontohan untuk program-program seperti ini.

Kepala bagian Perekonomian Pemkot Manado Pingkan Sinjal mengatakan, berbagai program unggulan Manado menjadi bahan selama pameran di Palangkaraya, serta ditambah dengan promosi wisata kota.

"Program UC dan PBL Mapaluse itu baru Manado yang melaksanakan sebab itu akan menjadi contoh bagi daerah lain, untuk membuat program serupa," kata Sinjal.

Menurut Sinjal, Manado akan memaparkan, mengenai program yang langsung menyentuh masyarakat tersebut, mulai dari anggaran yang disiapkan pemerintah hingga berapa banyak masyarakat yang terakomodir.

"Nantinya akan dipaparkan jaminan pelayanan kesehatan gratis dimana anggaran untuk program tersebut berasal dari Pendapatan Asli Daerah dan tujuannya untuk membantu masyarakat miskin yang ekonominya lemah," kata Sinjal.

Juga program PBL Mapaluse, yang pelaksanaannya langsung dilakukan oleh masyarakat dipimpin oleh para kepala lingkungan dimana 504 lingkungan di Manado, masing-masing mendapatkan Rp75 juta, dan melaksanakan program untuk

Namun ia menambahkan, selain program tersebut, Manado juga akan memamerkan berbagai potensi wisata dalam pameran itu untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan ke Manado. 

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024