Manado, (Antara Sulut) - Kapal layar latih Indian Navy`s Ship (INS) Sudarshini berlabuh di Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara, pada Sabtu (10/11) dalam beberapa rangkaian perjalanan pelayaran ke beberapa negara sebelum kembali ke India 29 Maret 2013.

"Perjalanan INS Sudarshini adalah bagian dari perayaan puncak hubungan dialog antara India dengan ASEAN, serta sepuluh tahun kerja sama konferensi tingkat tinggi ASEAN-India," kata Wakil Duta Besar India untuk Indonesia, Ravesh Kumar, didampingi Sekretaris Kedua Bagian Media N Rama Krishnan, pada pelaksanaan "briefing" berkaitan dengan pelaksanaan sejumlah kegiatan kedutaan besar India di Kota Bitung dan Manado, Jumat.

Dia mengatakan, perjalanan kapal layar latih ini dimulai dari Kochi, India, pada 15 September 2012 untuk merayakan hubungan hangat dan bersahabat dengan negara-negara ASEAN.

"Ada dua kadet yang mengikuti pelayaran kapal layar INS Sudarshini. Mereka akan berlayar bersama hingga 13 November," ujarnya.

Ia mengatakan di Indonesi kapal ini singgah di tiga pelabuhan yaitu Padang, Sumatera Barat, pada 12 Oktober 2012, Benoa, Bali pada 27 Oktober 2012 dan di Pelabuhan Bitung pada 10 November 2012.

Kumar menambahkan kapal layar dengan tiga tiang ini akan mengikuti rute maritim bersejarah antara India dan Asia Tenggara, serta membawa pesan pentingnya hubungan dagang maritim pada masa ini.

"Kapal ini menempuh perjalanan sekitar 12 ribu mil laut serta mengunjungi 13 pelabuhan di sembilan negara Asia Tenggara," kata dia.

Misi perjalanan kapal ini dipimpin N Shyam Sundar dan membawa 31 awak, kata dia.

Humas Kedubes India, Shinta Widianti, Komandan INS Sudarshini selama di Pelabuhan Bitung, juga menghadiri acara makan malam di Sintesa Peninsula Hotel, dan keesokan harinya dilanjutkan dengan bisnis informasi dan teknologi di Universitas Sam Ratulangi Manado. @antarasulutcom

Pewarta : Karel Polakitan
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024