Manado (ANTARA) - Warga menyambut baik Serbuan Vaksinasi dilaksanakan Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr Wahyu Slamet, di Bitung, Sulawesi Utara, Senin.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Manado Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijya, di Manado, Senin, mengatakan pelaksanaan vaksinasi itu mendapatkan respons baik, masyarakat sekitar Rumkital yang begitu antusias datang untuk divaksin.

"Terdapat 75 orang yang divaksin pada kegiatan itu. Dari jumlah itu dua orang menerima dosis pertama, tujuh orang dosis kedua dan 66 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, AstraZeneca dan Moderna," katanya.

Ia mengatakan selain Rumkital dr Wahyu Slamet Bitung, sejumlah jajaran Lantamal VIII juga melaksanakan serbuan Vaksinasi pada awal pekan ini, seperti Pangkalan TNI AL (Lanal) Gorontalo.

Pada kegiatan tersebut 34 orang mengikuti vaksinasi terdiri 13 orang menerima dosis pertama, 14 orang menerima dosis kedua dan tujuh orang menerima dosis ketiga dengan jenis Sinovac dan Moderna.

Selanjutnya di Balai Desa Galumpang Kecamatan Dakopamean Kabupaten Tolitoli, Lanal Tolitoli dalam serbuan vaksin telah memberikan vaksin kepada 23 orang.

Jumlah itu terdiri 16 orang menerima dosis pertama dan tujuh orang dosis kedua menggunakan vaksin Sinovac.

Kemudian pelaksanaan vaksinasi rutin Dinas Kesehatan Lantamal VIII dilakukan kepada 14 orang diantaranya sebelas orang menerima dosis pertama dan tiga lainnya dosis kedua menggunakan vaksin Sinovac.

Begitu juga di Balai Kesehatan Lanal Tahuna telah memberikan vaksin kepada sepuluh orang baik dosis pertama maupun kedua menggunakan vaksin Sinovac.

Sedangkan di Balai Pengobatan Lanal Melonguane memberikan vaksin kepada enam orang baik dosis pertama maupun kedua dengan vaksin Sinovac.

Ia mengatakan Serbuan Vaksinasi tersebut dalam rangka melaksanakan instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono guna membantu pemerintah untuk percepatan vaksinasi di Tanah Air.

Kegiatan ini guna membantu pemerintah daerah dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19 sekaligus mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok di tengah-tengah masyarakat.


 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024