Manado (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw optimistis cakupan vaksinasi COVID-19 di provinsi tersebut mencapai 80 persen dari total sasaran.

"Pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota wajib hukumnya mendorong vaksinasi. Jangan pandang enteng," katanya saat memantau vaksinasi di Kabupaten Minahasa, Kamis.

Oleh karena itu, dia berharap, jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa dibantu TNI-Polri menambah gencar vaksinasi untuk mencapai target vaksinasi tahap 1, 2, dan 3.

"Jangan sampai ada vaksin yang kedaluwarsa," katanya.

Ia menjelaskan bahwa Gubernur Sulut Olly Dondokambey berharap masyarakat tetap beraktivitas dan menjalankan protokol kesehatan.

"Kalo (kalau) sampai torang (kita) capai 80 persen vaksinasi, torang tidak perlu 'lockdown' (karantina wilayah). Torang tidak perlu tutup pasar dan tempat-tempat ibadah. Asal janji harus 80 persen," katanya.

Ia menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa yang terus proaktif mendorong perluasan cakupan vaksinasi di daerah tersebut.

"Ingat bahwa COVID-19 belum selesai," ujarnya.

Ia juga berharap, selain warga mematuhi protokol kesehatan, Pemkab Minahasa terus menjaga ketertiban, keamanan, serta semangat masyarakat untuk hidup dan bekerja.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024